Kampus

Kerja Praktek Mahasiswa Prodi Teknik Informatika UNPAM Di SMK 02 Muhamadiyah Tangerang Selatan

Kamis 30 Juni 2022 | 10:34 WIB
Oleh: Ade Hidayat

Visione - Dalam rangka menambah pengalaman dan kemampuan, mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang gelar Kerja praktek Kepada Masyarakat. Kegiatan ini bertujuan menambah pengalaman mahasiswa dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa membuat aplikasi atau sistem informasi yang dapat membantu aktifitas lembaga/perusahaan seperti aplikasi penjualan, absensi dll.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 minggu pada tanggal 1-15 juni 2022 bertempat di SMK 02 Muhamadiyah Tangerang Selatan. Kegiatan ini di ikuti oleh mahasiswa Prodi Teknik Informatika Unpam terdiri dari Ade Hidayat, Aldy Pratama, Rahmat. kerja praktek ini menggaraf projek sistem informasi perpustakaan berbasis web.

Perpustakaan berasal dari kata pustaka, yang berarti kitab, buku-buku, kitab prambon, kemudian kata pustaka mendapat awalan per dan an, menjadi perpustakaan. Perpustakaan mengandung arti kumpulan buku-buku bacaan, bibliotek, dan buku-buku kesusatraan (Kamus Besar Bahasa Indonesia) (Sutarno, 2008). Perpustakaan merupakan salah satu unit pelaksana teknis yang secara khusus sebagai unit penunjang proses belajar mengajar. Demikian hal nya dilembaga pendidikan formal seperti sekolah, perpustakaan merupakan sarana wajib yang harus ada sebagai pondasi utama dalam melestarikan dan memberikan informasi bagi seluruh kegiatan akademik.

Perpustakaan sekolah didirikan untuk menunjang pencapaian tujuan sekolah dengan menyediakan koleksi pustaka untuk digunakan oleh para siswa, guru dan karyawan dari suatu sekolah tertentu. Koleksi pustaka diperbaharui untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, perpustakaan sekolah harus dikelola dengan baik agar memberikan pelayanan yang baik kepada siswa dan petugas perpustakaan. Pelayanan yang baik dapat dilihat pada kemudahan mendapat informasi yang cepat dan akurat. Jika pengolah data perpustakaan masih dilakukan secara manual maka terdapat beberapa kendala yaitu lamanya mencari buku yang dicari, kesulitan petugas perpustakaan dalam mengolah data, peminjam dan pengembalian karena harus selalu membuka catatan hingga rentan terjadinya kesalahan, kemudian semakin berjalannya waktu petugas juga kesulitan memeriksa buku yang semakin banyak dan sudah tidak diperlukan lagi.

Pengolahan data menjadi terkomputerisasi inilah yang sangat diperlukan utuk memudahkan proses penyampaian informasi secara cepat, tepat, dan akurat. Komputer sudah merambat dalam berbagai bidang, baik dalam dunia kerja maupun dunia pendidikan sehingga setiap sekolah secara tidak langsung berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan menjadi lebih baik dengan menerapkan teknologi informasi kedalam bagian sekolah salah satunya pada bagian perpustakaan sekolah. Oleh karena itu, perkembangan teknologi juga harus diikuti oleh pengelola instansi pendidikan. Salah satu dari sekian banyaknya teknologi adalah komputer. Komputer sebagai alat bantu manusia memiliki kelebihan diantaranya, kecepatan, keakuratan serta keefesienan dalam melakukan pengolahan data dibandingkan dengan sistem manual.

Salah satunya perpustakaan SMK 02 MUHAMMADIYAH Kota Tangerang Selatan yang belum menggunakan sistem informasi berbasis komputer pada bagian perpustakaannya, permasalahan sistem perpustakaan sekolah pada SMK 02 MUHAMMADIYAH Kota Tangerang Selatansaat ini masih menggunakan sistem manual yaitu proses pendaftaran anggota baru, peminjaman buku yang telah dipinjam, semua itu hanya dicatat pada buku besar saja yang mana dalam hal ini bisa mengakibatkan kesalahan yang terjadi pada sistem administrasi perpustakaan menjadi besar, seperti rekap peminjaman, rekap pengembalian, rekap data buku, dan rekap laporan. Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk melakukan administrasi menjadi terhambat, sehingga akan berdampak pada penurunan kinerja pustakawan di SMK 02 MUHAMMADIYAH Kota TangerangSelatan.

Tim kerja praktek dapat mengetahui dan mempelajari permasalahan dari yang sedang berjalan saat ini. tim mengharapkan dapat solusi untuk memecahkan masalah yang terjadi agar jadi bahan pelajaran. Berdasarkan yang berkaitan dengan kebutuhan saat ini dan yang akan datang, Sistem informasi yang akan dibangun dapat memudahkan pustakawan, pegawai, atau pengunjung perpustakaan untuk mengetahui barang yang ada pada perpustakaan tersebut.

Adapun yang dilihat dari gambaran diatas menjadi sebuah objek untuk memberikan solusi yang dapat digunakan salah satunya adalah dengan membuat sebuah media alternatif yang menangani masalah penyampaian informasi pada perpustakaan sekolah. selain itu menerapkan perubahan bentuk pengolahan data dan penyampaian segala bentuk sistem informasi perpustakaan pada SMK 02 MUHAMMDIYAH Kota Tangerang Selatan yang masih menggunakan sistem manual ke pengolahan data yang berbasis komputer menjadi solusi untuk mengatasi keterlambatan dan kesulitan informasi pengelolaan detail data koleksi buku-buku yang ada. Media alternatif yang dianggap paling tepat adalah dengan dikembangkannya teknologi informasi perpustakaan sekolah menggunakan layanan perpustakaan online (berbasis website).

Berdasarkan masalah diatas maka tim kerja praktek menggaraf projek dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah pada SMK 02 MUHAMMDIYAH Kota Tangerang Selatan Berbasis Web”. Sehingga pada akhirnyadengan sistem informasi yang dibangun ini, perpustakaan pada sekolah SMK 02 MUHAMMDIYAH Kota Tangerang Selatan dapat meningkatkan penyampaian informasi sesuai denganyang diharapkan.

Berita Terkait

Komentar