Kampus

Tim Dosen UNPAM Melakukan Sosialisasi Etika Siber (Cyber Ethics) Dalam Menggunakan Media Sosial Bagi Peserta Didik SMK Mathla'ul Anwar, Kab. Tangerang.

Selasa 20 Juni 2023 | 17:13 WIB
Oleh: Dhony Setiawan

Visione - Sebagai salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen dari Teknik Informatika dan Hukum Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK Mathla'ul Anwar, yang berlokasi di Jalan Raya Mauk KM 16, Buaran Jati, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang pada hari Rabu (01/03/2023).

Perkembangan teknologi yang saat ini semakin maju menghasilkan platform digital yang dapat memungkinkan diakses oleh semua orang, yaitu media sosial. Sekarang ini masyarakat lebih banyak menggunakan internet dalam komunikasi seperti e-mail serta sosial networking yang dianggap lebih efektif dan juga efisien. Komunikasi mereka di dalam dunia maya sama halnya seperti mereka berkomunikasi di dunia nyata termasuk bagaimana mereka mendapatkan informasi yang didapatkan baik informasi yang positif ataupun negatif. Komunikasi di dunia maya sering kali dilakukan melalui media sosial yang beredar, seperti Facebook, Twitter, Path, Instragram, Whatsap, YouTube, dan masih banyak lainnya. Di kalangan remaja, media sosial sudah menjadi sebuah kebutuhan tersendiri dalam kehidupan sehari-hari mereka. Akan tetapi, hal tersebut diiringi oleh kenakalan remaja pada zaman sekarang ini cukup mengkhawatirkan, tidak hanya di dunia nyata tetapi juga di dunia maya. Kenakalan remaja di dunia maya kerap terjadi saat mereka menggunakan media sosial yang mereka miliki. Hal ini dapat timbul karena kurangnya pemahaman para remaja terhadap bahaya yang dapat mereka alami atau bahkan bahaya yang dapat mereka timbulkan kepada orang lain.

Untuk menjawab persoalan tersebut, sebuah tim dosen dari Universitas Pamulang mengadakan sebuah sosialisasi tentang pentingnya Cyber Ethics (Etika dalam dunia Cyber) agar tercipta kondisi yang sehat dan aman dalam menggunakan platform digital, khususnya dalam hal ini adalah media sosial. Sosialisasi ini merupakan bentuk dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di SMK Mathla’ul Anwar yang berlokasi di Jalan Raya Mauk KM 16, Buaran Jati, Kec. Sukadiri, Kab. Tangerang.

Dhony Setiawan, S.Pd., M.Pd. selaku ketua dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala SMK Mathla’ul Anwar karena telah menerima tim untuk melakukan sosialisasi tersebut. “Semoga sedikit ilmu yang kami berikan dapat banyak bermanfaat untuk masyarakat, dalam hal ini siswa-siswi SMK Math’laul Anwar.” ujarnya kepada visione.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Kepala Sekolah yang mewakili Kepala SMK Mathla’ul Anwar menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya terhadap tim dosen Universitas Pamulang atas kepeduliannya terhadap masyarakat, khususnya kepada siswa-siswi SMK Mathla’ul Anwar.

Abdul Hadi, S.H., M.H. sebagai narasumber menyampaikan bahwa permasalahan yang kerap kali terjadi dalam media sosial di kalangan remaja adalah perundungan dalam dunia cyber, penyebaran berita hoax, dan pembuatan konten yang sering kali kurang memperhatikan etika-etika yang ada di dunia nyata. Hal-hal tersebut menjadikan pemanfaatan media sosial itu sendiri menjadi negatif dan cenderung merugikan orang lain. “Dalam ber-media sosial, ada juga hukum dan etika yang berlaku. Sehingga, kalau itu dilanggar maka akan ada sanksi tegas yang akan diterima oleh para penggunanya.” ujarnya. “Jadi, bersikaplah bijaksana dalam ber-media sosial, agar tidak terjerat kasus hukum.” lanjutnya.

Acara Pengabdian Kepada Masyarakat ini berjalan lancar dan komunikatif karena siswa-siswi dari SMK Mathla’ul Anwar sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Berita Terkait

Komentar