Pendidikan

Optimis Wujudkan Perubahan, Ai Fatimah Nur Fuad menjadi Dekan FAI Uhamka periode 2023-2027

Sabtu 25 Februari 2023 | 15:30 WIB
Oleh: Alif

Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menggelar Pelantikan Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) dan Penyerahan SK Rektor yang berlokasi di Aula lt.4 Kampus A Uhamka, Sabtu (25/2).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Nuswantoro selaku Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH), Sudarnoto Abdul Hakim selaku anggota Badan Pembina Harian (BPH) ,Supriansyah selaku Kepala Sumber Daya Manusia (SDM), Sun’an Miskan selaku Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta, jajaran Dekan Fakultas Uhamka dan Direktur Sekolah Pascasarjana Uhamka, Pimpinan Wilayah Aisyiyah DKI Jakarta, dan stakeholders Uhamka.

Fitri Liza selaku Dekan FAI Uhamka sebelumnya menyampaikan “Sampai saat ini FAI Uhamka baru memiliki tiga program studi dan Insya Allah dalam waktu dekat bu Dekan FAI Ai Fatimah dapat segera meluncurkan prodi baru yaitu Manajemen Bisnis Syariah. Dengan bertambahnya prodi ini akan memperkuat FAI Uhamka. Selanjutnya FAI Uhamka kedepannya harus terus-menerus melakukan riset penelitian,” ucap Fitri.

Selanjutnya, Ai Fatimah Nur Fuad selaku Dekan FAI Uhamka periode 2023-2027 dalam sambutannya menuturkan bahwa ia akan berusaha merawat, menjaga, dan menjamin keberlangsungan visi misi universitas dan fakultas serta capaian-capaian yang sudah diraih selama ini dengan tetap berikhtiar mengembangkan pemikiran, kreativitas, dan inovasi agar FAI Uhamka tetap relevan menjawab perubahan-perubahan yang sering terjadi dan bahkan sangat cepat terjadi di era disrupsi ini. Oleh karena itu, tentu ia meminta arahan dan dukungan dan kesediaan pimpinan Uhamka, para dosen, dan seluruh mahasiswa di lingkungan Uhamka.

“Saya ingin mengingatkan diri saya sendiri bahwa menjadi Dekan FAI Uhamka adalah amanah yang sangat besar yang tanggung jawabnya tidak hanya melekat kepada Allah SWT tetapi juga kepada persyarikatan Muhammadiyah, Uhamka, dan FAI Uhamka. Amanah ini tidak hanya harus disertai komitmen, konsistensi, dan kerja yang sungguh-sungguh tetapi juga harus disertai dengan keikhlasan, kesabaran, dan kejujuran. Ada dua hal yang mengingatkan saya, pertama adalah capaian-capaian yang sudah diraih oleh seluruh pimpinan universitas dan fakultas bagaimana saya bisa menjaga, merawat, dan memperkuat capaian-capaian itu dengan sebaik-baiknya. Kedua, amanah ini besar mengingat target-target yang harus dicapai sudah dicanangkan oleh seluruh pimpinan universitas dan fakultas sehingga harapannya dapat diraih di masa yang akan datang. Oleh karena itu, saya perlu mempersiapkan dan memikirkan langkah-langkah yang strategis, matang, dan terukur serta tentunya realistis untuk dapat dicapai bersama-sama. Saya berterima kasih kepada keluarga besar Uhamka yang sudah mengizinkan saya menjadikan kampus ini sebagai rumah, tempat saya tumbuh, tempat ia mengalami pergulatan akademik sejak tahun 2003 hingga kini sudah 20 tahun,” ujar Ai.

Sementara itu, Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menyampaikan bahwa selama kepemimpinan Dekan FAI sebelumnya telah banyak memperoleh prestasi diantaranya pencapaian unggul prodi Pendidikan Agama Islam. Ia juga mengatakan untuk prodi Perbankan Syariah sedang proses menuju unggul.

“Sebetulnya FAI Uhamka memiliki potensi untuk internasional pada prodi Pendidikan Agama Islam. Di ASEAN bisa menjadi rujukan untuk program benchmarking pada prodi Pendidikan Agama Islam (PAI). Ini menjadi PR untuk Bu Ai sebagai Dekan FAI periode 2023-2027, teman-teman dan pimpinan universitas. Selain itu saya berharap untuk FAI bahkan terkhusus PAI dapat mengembangkan kurikulumnya. Saya ucapkan terima kasih kepada bu Fitri yang telah memimpin FAI selama dua periode serta selamat mengemban tugas baru bu Ai, kami sangat berharap bu Ai bisa memenuhi harapan-harapan Uhamka,” tutur Prof Gunawan.

Di lain pihak, Sun’an Miskan selaku Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta dalam sambutannya mengatakan bahwa ia berbahagia telah mengikuti prosesi pelantikan Dekan FAI Uhamka periode 2023-2027. Ia juga mengatakan bahwa Uhamka sangat mampu untuk melakukan konsolidasi Quranisasi secara terus-menerus.

“Pergantian pimpinan dengan periode yang tepat itu menggambarkan usaha keras untuk mencapai target. Atas nama PWM DKI Jakarta mengucapkan selamat kepada Dekan FAI Uhamka yang baru, ibu Ai Fatimah. Dan kepada ibu Fitri mudah-mudahan amal solehnya selama dua periode menjadi amal jariyah di yaumul qiyamah. Jadi kami minta kepada ibu Ai Fatimah dan civitas akademika Uhamka mari sama-sama menjayakan bahasa Indonesia, bahasa Al-Qur’an dan bahasa Inggris, mudah-mudahan dengan begitu dapat meningkatkan derajat Uhamka,” ujar Sun’an.

Berita Terkait

Komentar