Pendidikan

Staf Uhamka Dukung Kreativitas Siswa SMAN 18 Jakarta Utara dalam Fotografi

Senin 06 Februari 2023 | 14:55 WIB
Oleh: Alif

Jaenudin selaku Staff Sekretariat Universitas Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menjadi narasumber pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Kewirausahaan di SMAN 18 Jakarta Utara, Rabu (1/2).

Acara ini turut diikuti oleh 72 siswa-siswa kelas 10 SMAN 18 Jakarta Utara. Tujuan kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pelatihan terkait fotografi.

P5 adalah kepanjangan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek ini merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka. Pembelajaran Proyek P5 tahap pertama telah berlangsung serta mengangkat  Tema Kewirausahaan. Proyek P5 ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang kompeten, berprilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan memberikan pengetahuan serta keterampilan tambahan dari lingkungan sekitar.

Jaenudin selaku narasumber dalam paparannya menjelaskan unsur penting dalam fotografi diantaranya terdapat pencahayaan, komposisi, dan sudut pandang. Lebih jauh ia juga menjabarkan teknik fotografi diantaranya longexposure, motion blur, marco, silhouttes, hight speed, minimalist, dan flash photography.

“Dalam pemahaman dasar fotografi, menghasilkan sebuah foto perlu memahami bagaimana mengendalikan cahaya tersebut, membuat objek dengan cahaya yang dibutuhkan. Pemahaman dasar dalam materi fotografi disebut dengan triangle fotografi yaitu terdiri dari ISO (Internasional Organization for Standardization), diafragma dan shutter speed (kecepatan rana). Kemudian komposisi pada fotografi diantaranya ada negative space, tekstur, fill the frame, simetris,  dan framing. Sedangkan sudut pandang yang biasa disebut angle ada bird eyeview, high angle, eye level, low angle, dan frog eye view,” papar Jaenudin.

Jaenudin berharap para siswa dapat memahami materi yang disampaikan agar skill fotografi mereka meningkat.

“Saya berharap para siswa dapat merealisasikan ilmu yang diberikan, sehingga mereka bisa menghasilkan karya-karya yang terbaik,” harap Jaenudin

Berita Terkait

Komentar