Kampus

Kerja Praktek Mahasiswa Prodi Teknik Informatika UNPAM Tentang Sistem Informasi Penjualan

Kamis 30 Juni 2022 | 10:53 WIB
Oleh: Hamdan Habibi

Visione - Dalam rangka menambah pengalaman dan kemampuan, mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang gelar Kerja praktek Kepada Masyarakat. Kegiatan ini bertujuan menambah pengalaman mahasiswa dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa membuat aplikasi atau sistem informasi yang dapat membantu aktifitas lembaga/perusahaan seperti aplikasi penjualan, absensi dll. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 minggu pada tanggal 1-15 juni 2022 bertempat Aniq Salon. Kegiatan ini di ikuti oleh mahasiswa Prodi Teknik Informatika Unpam terdiri dari Aqih Bapaqih, Hamdan Habibi

Perancangan sistem informasi merupakan kegiatan yang dilakukan dalam merancang atau membuat sistem sebelum sistem dibuat dengan tujuan sistem yang dibangun sesuai dengan kebutuhan dalam memecahkan atau dengan kebutuhan pengguna berkaitan dengan pengolahan, dan perolehan informasi yang diingkan.

Toko Galaxy Parfume merupakan perusahaan dagang yang melayani penjualan berbagai jenis parfume. Toko Galaxy Parfume terletak di JL. Kav. Keuangan Raya No.69, Kedaung, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15425. Sistem informasi pada toko Galaxy Parfume dilakukan dengan cara manual. Fungsi pencatatan penghasilan dilakukan oleh pemilik toko. Sistem informasi persediaan yang berjalan pada perusahaan ini tidak memadai untuk mendukung pengambilan keputusan. Hal ini dikarenakan pembagian tugas dan kewenangan yang belum baik.

Hambatan yang dialami oleh Toko Galaxy Parfume memerlukan sistem informasi yang dapat membantu proses penjualan dan pengelolaan data penjualan. Keperluan Toko Galaxy Parfume yaitu Sistem informasi yang akurat dalam pengelolaan data penjualan. Sistem informasi yang dapat mempermudah proses penjualan.

Permasalahan tersebut merupakan alasan utama bagi Toko Galaxy Parfume untuk memperbaiki sistem informasi yang telah berjalan. Hal tersebut bisa dapat dilakukan dengan memperbaiki alur kerja dan penambahan alat berupa software yang dapat menjalankan sistem penjualan dengan baik. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan melakukan analisis sistem informasi penjualan yang ada.

Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem ini adalah metode Waterfall, karena kelebihan dari metode ini adalah memiliki proses yang urut, mulai dari analisa hingga support, setiap proses memiliki spesifikasinya sendiri, sehingga sebuah sistem dapat di kembangkan sesuai dengan apa yang dikehendaki dan juga setiap proses tidak dapat saling tumpang tindih.

Tujuan dari kerja praktek ini adalah untuk memenuhi syarat lulus mata kuliah Kerja Praktek. Pemikiran inilah yang menjadi dasar untuk membuat projek kerja praktek dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Galaxy Parfume Kedaung Berbasis Web”.

Berita Terkait

Komentar