Pendidikan

Ciptakan Keluarga Sejahtera, LPPM Uhamka Gelar Seminar Manajemen Keuangan

Senin 07 Maret 2022 | 10:22 WIB
Oleh: Alif

Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) bekerjasama dengan Pemuda Muhammadiyah Tangerang Selatan menggelar kegiatan Dialog Virtual yang bertemakan Manajemen Keuangan Keluarga Islami Bagi Milenial Saat Pandemi, pada Minggu (6/2). 

Narasumber dalam kegiatan ini yaitu, Faozan Amar dan Amilia Zainita, yang keduanya Dosen FEB Uhamka, dengan moderator Alfan Ramdon.

Menurut Faozan, sejak tahun 2020, tahun dimulainya bonus demografi, generasi milenial berada pada rentang usia 20 - 40 tahun. Berdasarkan data Susenas BPS tahun 2017, jumlah generasi milenial mencapai sekitar 88 juta jiwa atau 33,75% dari total penduduk Indonesia.

“Dengan jumlah tersebut, maka generasi milenial harus melek dan faham tentang manajemen keuangan keluarga”, tutur Faozan.

Sementara itu, Amilia Zainita mengatakan perencanaan keuangan merupakan seni pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh individu/keluarga untuk mencapai tujuan yang efektif, efisien, dan bermanfaat, sehingga keluarga tersebut menjadi keluarga yang sejahtera.

“Agar berhasil mengelola keuangan, maka generasi milenial harus ; 1). Kenali kondisi keuangan. 2). Tentukan tujuan dan rencana keuangan yang jelas, 3). Tentukan tujuan utama, 4). Mengecek jumlah uang di rekening secara berkala, 5). Hindari berhutang jika tidak perlu, 6). Memiliki dana darurat dan 7). Menabung dan investasi. Jadi perlu manajemen keuangan yang baik agar dapat sejahtera”, jelas Amilia.

Fathor Rohman selaku Ketua Pemuda Muhammadiyah Tangerang Selatan, merasa senang dengan acara ini. Sebab, sebagai milenial ia bersama teman-temannya yang kebanyakan adalah baru berumah tangga jadi faham tentang mengelola keuangan keluarga. 

“Dan Islam memberikan tuntutan yang jadi pemanfataan harga dengan baik dan benar”, tutur Fathor.

Berita Terkait

Komentar