Pendidikan

SMB KemendikbudRistek, Pahami Nilai Pancasila dalam Karakter Siswa

Sabtu 19 Februari 2022 | 10:47 WIB
Oleh: Alif

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menyelenggarakan kegiatan rutin yang yaitu Silaturahmi Merdeka Belajar(SMB). SMB kali ini mengangkat tema Wujudukan Pelajar Pancasila melalui Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini ditayangkan melalui kanal Youtube Kemendikbud, Kamis (17/2).

Acara ini dihadiri oleh para narasumber diantaranya Zulfikri Anas selaku Plt Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran BISKAP, Joko Prasetyo yaitu perwakilan guru dari SMP Negeri 2 Temanggung Jawa Tengah, dan Stefani Anggia Putri perwakilan guru Sekolah Dasar dari Negeri SD Negeri 005 Sekupang Batam.

Tema Wujudukan Pelajar Pancasila melalui Kurikulum Merdeka ini bertujuan untuk menelaah lebih dalam mengenai penerapan kurikulum merdeka yang dibuat untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik secara aktif mengeksplorasi isu aktual, dan mendukung pengembangan karakter peserta didik.

Stefani Anggia Putri mengungkapkan bahwa berdasarkan paradigma yang sudah diterapkan di beberapa Sekolah Dasar termasuk sekolahnya, kurikulum merdeka mampu menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada siswa.

“Maka dari penerapan paradigma baru ini diharapkan kurikulum merdeka mampu membangun identitas-identitas pancasila untuk membentuk kompetensi dan karakter peserta didik,” ujar Anggi.

Berita Terkait

Komentar