Opini

Manfaat dan Peranan AI atau Kecerdasan Buatan Dalam Dunia Sepakbola

Jumat 23 April 2021 | 09:29 WIB
Oleh: Abdul

Oleh: Adhi Waluyo (Mahasiswa TI UNPAM)

Perkembangan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dalam perkembangannya, kecerdasan buatan ini dapat menunjang dan menciptakan suatu teknologi yang sangat berguna di berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, industri, olahraga dan sebagainya. Diharapkan kecerdasan buatan dapat membantu manusia agar dapat mempermudah suatukegiatan, atau aktivitas yang tidak dapat ditangani sepenuhnya oleh manusia. Kecerdasan buatan atau AI adalah suatu kecerdasan yang dihasilkan dari suatu perangkat, yang bisa disebut dengan komputer. Kecerdasan dibuat dan diciptakan dengan cara dimasukkan ke dalam perangkat elektronik atau komputer agar dapat melakukan suatu pekerjaan yang hampir sama dengan manusia.

AI atau kecerdasan buatan pada zaman sekarang sangat berbeda, dimana kecerdasan buatan sekarang tidak sekedar hanya berpikir, tetapi dapat melihat, mendengar, berjalan, bermain sampai merasakan dimana itu sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh seorang manusia. Bahkan pada zaman sekarang suatu kecerdasan buatan yang telah diterapkan ke dalam komputer atau suatu komponen elektronik dapat belajar serta berlatih terus menerus sampai komputer atau komponen elektronik itu dapat mengambil suatu keputusan sendiri tanpa diprogram oleh manusia.

Di dalam penerapannya yang telah dijelaskan diatas, bahwa AI atau kecerdasan buatan sangat berguna di berbagai bidang seperti bidang olah raga yaitu sepak bola. Sepak bola adalah salah satu cabang olah raga yang dimainkan oleh dua kelompok atau tim yang saling berlawanan setiap kelompok berjuang untuk memasukan bola kegawang kelompok lawannya. Dimana kelompok atau tim ini beranggotakan sebelas orang sehingga dinamakan kesebelasan.

Asal sepak bola yang banyak orang ketahui berasal dari inggris eropa. Kenyataannyasejarahsepakbolamemiliki proses yang sangat panjang peradabannya bahkan sebelum masehi. Di banyak relief dinding museum menunjukkan, permainan sepak bola sudah dikenal di peradaban Yunani purba yang disebut dengan episcuro. Pada relief itu tergambarkan bahwa anak muda memegang benda yang berbentuk seperti bola bundar yang dimainkannya di paha. Dikarenakan politik Yunani yang berguna untuk meluaskan kekuasaan Yunani, membawa sepak bola itu sebagai barang sampingan ke Eropa luar daratan alias Inggris.

Di sepak bola sendiri, kecerdasan buatan sangat diperlukan, karena kecerdasan buatan diharapkan dapat membantu berbagai orang yang berkecimpung dalam dunia sepak bola seperti wasit, manajer sepak bola, asisten kesehatan (dokter), analis pemain, bahkan penyiar pertandingan sepak bola. Sehingga kecerdasan buatan atau AI merupakan salah satu terobosan atau langkah untuk mengatasi serta membantu permasalahan yang terkait dalam dunia sepak bola dengan memanfaatkan sebuah teknologi kecerdasannya. Dengan adanya pembaharuan keadaan ini, sepak bola dapat memperlihatkan suatu cabang olah raga yang bermutu serta berkualitas. Pada saat sebelum mewabahnya penyakit Covid-19 pada saat ini, sudah banyak diterapkannya kecerdasan buatan pada sepak bola, bahkan menurut saya kecerdasan buatan di sepak bola pada saat mewabahnya Covid-19 ini harus dipertambah atau diperbaharui.

Dari semua penjelasan tentang kecerdasan buatan dan sepak bola yang telah di bahas sebelumnya, dapat dilihat bahwa sangat penting sebuah kecerdasan buatan dalam memberikan banyak sekali bantuan dan juga manfaat yang berkecimpung dalam dunia sepakbola. Peran teknologi kecerdasan buatan dalam bidang olah raga sepak bola diantaranya :

a. Goal Line Technology (GLT), teknologi ini pertama kali diterapkan pada kompetisi Piala Dunia Antar Klub di Negara matahari terbit yaitu itu Jepang pada tahun 2012. Goal Line Technology ini adalah cara dalam menentukan bilamana bola telah melewati sepenuhnya garis gawang dan pada saat yang bersamaan dapat membantu wasit dalam menyatakan goal atau tidaknya.

b. Video Assistant Referee (VAR), VAR pertama kali diuji coba serta diperkenalkan pada kompetisi besar yaituMajor League Soccer 2016, A-League Australia 2017 dan Piala Dunia 2018. VAR (Video Assistant Referee) adalah sesuatu tayangan ulang yang memperlihatkan suatu kejadian atau insiden yang tidak terlihat oleh mata wasit yang kemudian akan dikaji lebih lanjut oleh wasit.

c. Untuk dalam penyiaran telah menggunakan suatu teknologi kecerdasan buatan yaitu Spider cam, Spider cam merupakan suatu alat atau sistem yang memungkinkan pengambilan gambar pertandingan sepak bola dapat bergerak seperti laba-laba dengan jaringnya yang dapat bergerak vertikal maupun horizontal yang telah ditentukan daerahnya.

d. Electronic Performance and Tracking Systems (EPTS) ini adalah teknologi yang sangat berguna bagi manajer sepak bola, asisten kesehatan (dokter), dan analis pemain, dimana teknologi ini tersematkan di dalam rompi pemain yang digunakan dalam suatu pertandingan yang sedang berlangsung. Kemudian sensor yang terdapat di dalam sensor tersebut akan mengambil data fisik dari pemain, mulai dari denyut nadi, kecepatan lari, suhu tubuh, bahkan kadar gula pemain saat itu juga.

Dengan adanya teknologi AI atau kecerdasan buatan dalam sepak bola sangat membantu, apalagi pada saat penyebaran Covid-19 ini, dimana teknologi kecerdasan buatan Electronic Performance and Tracking Systems (EPTS) ini dapat digunakan untuk mengetahui suhu tubuh pemain jika diterapkan lebih luas juga dapat mengetahui suhu tubuh semua orang yang terdapat dalam suatu pertandingan yang sedang berlangsung, sehingga dapat mencegah penyebaran atau penularan Covid-19 yang semakin meluas. Dan olah raga sepak bola dapat berjalan sebagaimestinya yang merupakan salah satu pekerjaan yang sangat dibutuhkan oleh pemain dan merupakan salah satu hiburan masyarakat di tengah pandemi sekarang ini.

*) Segala isi tulisan yang dikirim oleh penulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Berita Terkait

Komentar