Pendidikan

Webinar Data science Dalam Rangka Mendukung Tugas Akhir Mahasiswa

Sabtu 27 Maret 2021 | 15:57 WIB
Oleh: Abdul

Oleh : Perani Rosyani dan Maulana Ardhiansyah (Tim Peneliti Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang)

Tugas akhir merupakan hal paling krusial bagi mahasiswa tingkat akhir, dimana mereka akan menuangkan hasil dari pembelajaran mereka selama delapan semester di dalam sebuah penulisan. Penulisan tersebut dapat mencangkup teori-teori serta implementasi keilmuan yang mereka dapat. Namun tidak semua penulisan mahasiswa yang berjalan baik, hal ini dikarenakan kurangnya mahasiswa memahami model penulisan serta isu-isu terkini yang dapat diambil sebagai permasalahan sehingga menjadi pendukung di dalam persiapan tugas akhir. Mahasiswa wajib mengetahui tren keilmuan yang sedang berjalan saat ini, tentu saja hal ini tidak akan lepas dari pengembangan diri mahasiswa tersebut.

Oleh sebab itu, untuk mendukung tugas akhir mahasiswa dibutuhkan pelatihan yang secara konsisten dan berkesinambungan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang yang menggelar webinar dengan tema “PPM SERIES : Tren Sains Data di era 4.0 untukmendukung Tugas Akhir Mahasiswa dan PersiapanMemasuki Dunia Kerja” (27/3/2021). Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas Pamulang dengan IPB University dan Universitas Indraprasta PGRI. Kegiatan ini membahas topik-topik mengenai sains data yang dapat diambil menjadi latar belakang dari penulisan tugas akhir maupun penelitian. Selain itu memaparkan tentang posisi yang dapat diambil di dunia kerja jika mendalami data science ini. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 700 peserta baik via live Zoom dan live streaming youtube dan sudah di tonton 5000 kali. Kegiatan ini diikuti tidak hanya dosen-dosen dari 3 Universitas melainkan juga mahasiswa. Peran dosen dan mahasiswa di dalam kegiatan ini sangat berpengaruh untuk mengembangkan diri untuk menghadapi tantangan industry kedepan.

Kegiatan-kegiatan seperti ini yang nantinya akan banyak membuka wawasan dosen dan mahasiswa mengenai Big Data di dalam data science. Dengan mengetahui pergerakan tren dari data science ini dapat membuka kolaborasi penelitian antar perguruan tinggi, maupun mahasiswa dengan dosen, hal ini sejalan dengan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu dosen wajib melakukan penelitian.

Menurut Prof. Dr. Imas Sukaesih Sitanggang, S.Si, M.Kom, terlihat bahwa gambaran pekerjaan yang sangat banyak di cari di dalam bidang big data berada di urutan kedua dan Artificial Inteligent berada diurutan ke lima. Sehingga tren keilmuan data science memang menjadi topik hangat beberapa tahun ini dan akan berkembang di tahun-tahun selanjutnya, dengan mangadopsi dari big data. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi pengiat ilmu komputer baik mahasiswa maupun dosen. Tren keilmuan dalam data science pun dapat menambah skema bagi penelitian mahasiswa maupun dosen, yang mana kolaborasi mahasiswa dan dosen sangat dituntut di dalam perkembangan bidang penelitian.

Tren keilmuan pasti tidak lepas dari tren Teknik dan algoritma yang digunakan. Dalam pemodelan untuk pengolahan big data yang ada, data set sangat penting di dalam pemodelan yang akan di buat, dan algoritma-algoritma pendukung ini dapat menjadikan acuan kerja mahasiswa di dalam pendukung penelitian. Dalam hal ini penelitian mahasiswa adalah tugas akhir yang dapat menerapkan algoritma-algoritma untuk pemodelan data science. Teknik dan algoritma yang bisa kita implementasikan dapat menjadi sumber output bagi bidang penelitian seperti artikel ilmiah berskala nasional ataupun internasional, buku penelitian, serta prosiding nasional dan internasional.

Sehingga pada akhirnya dengan adanya topik-topik penelitian di bidang data science akan meningkatkan gairah meneliti baik bagi dosen dan mahasiswa. Sehingga tercipta inovasi dan variasi skema penelitian yang ada dalam disiplin ilmu Teknik Informatika dan dapat mengembangkan potensi mahasiswa dibidang data science disaat sudah lulus nantinya.

Berita Terkait

Komentar